kreasi irna

artikel

Senin, 08 April 2013

CITIZEN JURNALISME DAN PUBLIC OPINION



 


Kemajuan teknologi informasi secara pasti memberikan andil yang sangat besar dalam pembangunan masyarakat pada masa sekarang ini. Didukung kemajuan teknologi, terutama internet, media massa telah membentuk ruang publik yang sangat luas. Partisipasi warga menjadi terbuka lebar untuk menyebarkan berita dan infirmasi dengan kondisi ini. Seseorang atau warga yang menyebarkan berita yang mereka dapat disebuat citizen journalism.
Citizen Journalism adalah praktek jurnalisme yang dilakukan oleh non profesional jurnalis. Citizen Journalis (Jurnalisme Warga) adalah warga biasa yang menjalankan fungsi selayaknya jurnalis profesional yang pada umumnya menggunakan channel media baru yaitu internet untuk menyebarkan informasi dan berita yang mereka dapat.
Konten atau isi dari citizen journalism bisa berupa peristiwa, pengalaman,  dan reportase yang termasuk kedalam berita, bisa juga pendapat, ulasan atau analisa yang termasuk kedalam opini, selain itu bisa merupakan gagasan atau ide  seperti tulisan ringan atau catatan harian, fiksi, tips dan tutorial.
Di Indonesia, jurnalisme warga juga bisa dibilang sudah mulai berkembang dan kegunaannya dirasakan saat adanya peristiwa-peristiwa besar seperti serangan teroris dan bencana alam. Banyak warga yang menulis berita yang mereka dapat dan mereka alami pada saat terjadi bencana.
Citizen journalism tidak bertujuan menciptakan keseragaman opini public. Dengan adanya citizen journalism ini membentuk opini public yang heterogen, yakni menimbulkan opini pro dan kontra terhadap suatu peristiwa. Dengan adnya citizen jurnalisme ini masyarakat menjadi kritis terhadap suatu peristiwa dengan opini-opini yang yang bermunculan.
Frazier Moore (2004) menjelaskan Opini public adalah ungkapan keyakinanyang menjadi pegangan bersama diantara para anggota sebuah kelompok atau public, mengenai suatu masalah controversial yang menyangkut kepentingan umum. Nah, disin I disebutkan bahwa opini public yaitu apa yang diyakini masyarakat mengenai suatu masalah kontroversi (yang menjadi perdebatan) yang menyangkut kepentingan umum.
Fazier menyebutkan masalah kontroversi yakni suatu masalah yang didalamnya ada pihak pro dan kotra terhadap suatau masalah tertentu. Citizen jurnalisme biasanya sebagai media yang sering digunakan ketika mengungkapkan suatu permasalahan karena masyarakat dengan mudah dapat menyebarkan suatu informasi secara online dan mendapat komentar dari para pembacanya.
Opini public bisa berubah-rubah, perubahan opini bisa terjadi bila ada faktor ataupun data serta pengalaman yang baru,hal mana menjelaskan bahwa dengan jangka waktu lebih lama masyarakat dapat menerima suatu ide yang mula-mula ditolaknya. Kejujuran dalam diri manusia untuk hidup dalam situasi yang sebaik mungkin, menyebabkan bahwa Koreksi opini akan mengakibatkan perubahan sikap. Semua pembentukan opini didasarkan pada pengalaman pribadi dan pengalamn orang lain secara langsung atupun tidak langsung diketahui oleh individu dan terkenal sebagai frame of reference dan berdasarkan percobaan/hal baru (frame of experience).
Pentingnya opini public bagi kehidupan kita adalah Opini publik dapat memperkuat Undang-undang/peraturan-peraturan sebab tanpa dukungan opini publik maka undang-undang tersebut tidak akan jalan, opini publik merupakan pendukung moril dalam masyarakat, opini publik adalah pendukung eksistensi lembaga-lembaga sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar