kreasi irna

artikel

Senin, 10 Juni 2013

KREATIFITAS BANGSA "BATIK DAUN TEMBAKAU"

batik daun Temabakau

Batik merupakan warisan budaya Indonesia. Batik mempesona dengan keindahan corak yang ditampilkan dan dengan berbagai paduan warna. Batik dikenakan oleh berbagai kalangan, bahkan sebagian besar para turis juga menyukai dan memakai batik. menurut mereka batik itu unik dan indah.

Di Indonesia banyak motif dan model batik dari berbagai daerah dari mulai yang bermotif bunga, garis-garis, perpaduan dengan gambar-gambar, daun-daun, ranting dsb. Batik yang terkenal di Indonesia ialah batik solo, Bali dan Pekalongan. Kini Kudus juga tidak ingin ketinggalan dengan corak yang ingin ditampilkan agar berkesan dan selalu diingat masyarakat. Batik Kudus dengan corak daun Tembakau, ini mencirikan Kudus sebagai kota kretek maka terciptalah batik "DAUN TEMBAKAU".

 pesona batik Kudus

Batik daun Tembakau ini diminati banyak masyarakat di Kudus karena perpaduan warna dan coraknya sangat unik. Batik tembakau ini juga dijadikan seragam untuk karyawan PT. Djarum karena batik tersebut menggambarkab akan bahan baku rokok dari daun tembakau. Ini menunjukkan bahwa Indonesia kaya akan budaya dan budaya tersebut tercipta dengan melihat keadaaan disekitar. Mungkin kita sebelumnya tidak pernah berfikir tentang batik tersebut akan menjadi trend atau ikon suatu kota, namun karena ada tangan-tangan yang terampil membuat apa yang biasa menjadi luar biasa dan apa yang tidak kita fikirkan mereka bisa melakukannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar